Search

Senin, 11 Juli 2011

Lumba-lumba Punya Banyak Kemiripan dengan Simpanse







Simpanse dan Lumba-Lumba Punya Banyak Kemiripan
simpanse
 
Simpanse dan lumba-lumba betina punya banyak kemiripan. Keduanya jadi tumpuan dalam kehidupan keluarga, pekerja keras dalam membesarkan keturunan. Itulah kesimpulan yang ditarik dari penelitian yang diterbitkan pada 22 Juni dalam jurnal Evolutionary Anthropology.
Kedua spesies yang dipisahkan oleh evolusi dan lingkungan tersebut sama-sama memiliki pergaulan yang kompleks, bekerja sama untuk berburu, memecahkan masalah, hidup dalam waktu puluhan tahun, dan menghabiskan waktu bertahun-tahun menjaga keturunan.
Induk simpanse dan lumba-lumba berburu untuk menyediakan makanan bagi anak-anak mereka. Juga seperti manusia, simpanse dan lumba-lumba betina berkumpul dengan sesama induk, bagai saling berbagi cara mengasuh anak. "Meskipun demikian, mereka tidak punya banyak waktu untuk mendapat teman," demikian tertera dalam hasil penelitian.
Lumba-lumba memiliki kehidupan sosial lebih banyak ketimbang simpanse betina. "Mungkin itu karena berenang lebih mudah daripada bergerak di hutan," kata Heidi Pearson, ahli ekologi dari Stony Brook University, yang melakukan penelitian. Selain itu, predator di laut lebih sulit dihindar. Simpanse bisa memanjat pohon untuk menghindari pemangsa. Tetapi, ke mana lumba-lumba berenang untuk menghindari hiu? "Makanya, bergerak dalam grup lebih aman daripada bergerak sendirian," jelas Pearson.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar