Search

Minggu, 17 Juli 2011

Tips Belajar Menyenangkan




Belajar sudah merupakan kewajiban setiap orang yang menginginkan pengetahuannya luas terlebih kini di era global dimana setiap orang dituntut untuk mengikuti perkembangan dunia. Banyak orang khususnya pelajar memiliki masalah saat belajar. Mulai dari mengantuk, malas hingga gangguan dari luar seperti televisi. Namun, semua itu dapat kita atasi dengan menyiasatinya. Bagaimana? Berikut tips agar belajar menjadi menyenangkan
  1. Tenangkanlah pikiran anda dan fokuskan untuk belajar dengan serius tapi santai. Pikiran yang tenang akan membuat anda enjoy saat belajar dan tidak tertekan oleh hal-hal yang lain.
  2. Carilah tempat yang nyaman untuk belajar. Bisa di kamar pribadi anda, jika berantakan rapikan dulu, hal ini akan membuat suasana nyaman saat belajar.
  3. Jika anda tipe orang yang senang dengan musik, putarlah lagu yang bertemakan suka cita dan memberikan semangat. Hal ini akan memberikan kesenangan tersendiri pada anda, sehingga belajar akan lebih menyenangkan
  4. Pakailah buku yang diperlukan, tinggalkanlah buku yang tidak diperlukan sehingga meja tidak penuh dengan barang-barang lain
  5. Jika metode belajar anda adalah membaca. Bacalah buku dengan santai, tidak usah tergesa-gesa, jika perlu ulangi membaca setiap satu paragraf.
  6. Bagi anda yang suka belajar sambil menonton televisi, tidak masalah. Televisi juga salah satu media untuk belajar. Lihatlah acara-acara televisi yang bersifat mendidik seperti berita, talkshow, atau dokumenter.
  7. Belajar tidak harus lama-lama, yang penting ada ilmu baru yang masuk ke otak kita namun kita perlu konsisten belajar setiap hari walaupun hanya sebentar.
  8. Jika anda memiliki jaringan internet, manfaatkanlah internet untuk belajar dengan sebaik-baiknya. Internet merupakan media belajar yang lengkap. Ingat, internet bukan hanya facebook atau twitter, internet adalah gudang ilmu jika kita dapat memakainya dengan bijaksana.
  9. Jika menemukan kesulitan saat belajar, jangan canggung untuk bertanya kepada siapa saja. Entah teman, kakak, ayah, ibu, atau guru kita. Bahkan kita bisa bertanya melalui forum di internet.
  10. Dan yang terakhir yang paling penting, berdoalah sebelum dan setelah belajar agar ilmu yang kita dapatkan dapat berguna bagi diri kita sendiri dan bagi sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar